1 Ton Daging Kurban dibagikan LDII Ngaresrejo ke Masyarakat

Daging hewan qurban siap dibagikan ke masyarakat
NGARESREJO.LDII.OR.ID - Aktifitas warga LDII Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kab. Sidoarjo Jawa Timur pada hari Idul Adha tidak berbeda dengan yang dilakukan umat Islam lainnya, setelah melaksanakan solat Idul Adha mereka berbondong-bondong kembali ke tempat sholat di halaman musollah Nurul Hidayah untuk menyembelih hewan kurban.

Tahun 2015 ini ada peningkatan 2 ekor sapi dibandingkan tahun 2014 kemarin, jumlah hewan kurban saat ini adalah 13 ekor sapi yang besar-besar.

Mekanisme pengumpulan hewan qurban warga LDII yang disembelih adalah dengan membeli sendiri hewan qurban atau warga LDII mengumpulkan uangnya menurut kemampuan masing-masing kemudian dititipkan kepada panitia untuk bersama-sama dijadikan satu dibelikan sapi atau kambing, seperti yang dilakukan salah satu PAC (Pimpinan Anak Cabang) Desa Ngaresrejo Kec. Sukodono-Sidoarjo yang berhasil mengumpulkan Rp. 267 juta dan telah diwujudkan berupa 13 ekor sapi besar-besar seharga Rp. 20 juta sampai dengan 31 juta per ekor.

Warga LDII kami faham apa yang harus dilakukan saat idul adha berusaha mempraktekkan apa yang sudah diperoleh dalam pengajian dan warga kami sangat percaya kepada panitia, karena bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan berbuat adil dalam pelaksanaan penyembelian dan pembagian daging qurban, kata H. Nur Salim ketua panitia qurban di Ngaresrejo.

Tahun ini Alhamdulillah bisa membagi daging qurban ke semua warga se Desa Ngaresrejo terdiri dari dusun Ngares, Patar Lor dan Dukuh, ditambah sebagian desa Kesemen dan Balongsari dengan total +- 1.200 kg daging yang dibagikan ke masyarakat, tambahnya.

Sedangkan jumlah hewan qurban seluruh warga LDII Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2015 yang tercatat adalah Sapi 366 ekor, Kambing Gibas 171 ekor, Kambing Kacang 165 ekor.


Sementara itu, jumlah perhitungan DPP (Dewan Pimpinan Pusat) LDII berdasarkan rekapitulasi hewan qurban yang diberikan oleh DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) LDII, pada 25 September 2015 pukul 22.00 jumlah sapi 16.192 ekor (naik 31 persen dibandingkan 2014), kambing atau domba mencapai 14.999 ekor (naik 34 persen dari 2014).

Jika asumsi harga seekor sapi rata-rata Rp. 15 juta dan harga seekor kambing rata-rata Rp. 2,5 juta, maka nilai ekonomis qurban warga LDII secara nasional pada tahun 2015 ini setara Rp. 280,3 miliar," ujar Rully Bernaputera Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat DPP LDII, yang juga menjabat kepala kesekretariatan DPP LDII.

Namun sekali lagi Rully menekankan, ini bukan soal jumlah, namun berlomba-lomba dalam mencari pahala dari Alloh. (Yus)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama