Buka Pasanggirinas, Jokowi puji PB Persinas rawat warisan leluhur

LDII NGARESREJO | Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pasanggiri Nasional (Pasanggirinas) serta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tingkat Remaja Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD Tahun 2017. Pembukaan ini dibalut dengan silaturahmi dengan ulama Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Saat memberikan sambutan, Jokowi mengapresiasi PB Persinas yang menggelar Pasanggirinas dan Kejurnas tersebut. Pagelaran ini dinilai memelihara tradisi warisan leluhur.

"Tradisi warisan leluhur kita, seni bela diri pencak silat," ucap Jokowi di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Selasa (8/8).

Jokowi menekankan, pencak silat adalah karakter bangsa Indonesia. Karakter ini harus terus dipupuk di tengah perubahan global terus meningkat.

Kejurnas Persinas pernah dibuka Jokowi beberapa tahun lalu, saat dia menjabat sebagai Wali Kota Solo. Ini kali kedua dia membuka Kejurnas Persinas.

"Sekarang hari ini saya membuka lagi tapi sudah judulnya ganti, bukan Wali Kota tapi sudah Presiden. Jadi presiden membuka Kejurnas remaja Persinas Asad di tahun 2017," katanya disambut tepuk tangan riuh.

Pasanggirinas serta Kejurnas Tingkat Remaja Persinas ASAD dihelat mulai 8 Agustus hingga 11 Agustus 2017. Pagelaran ini diinisiasi PB Persinas dengan mengikutsertakan 3.000 atlet silat dari 34 provinsi.

"Acara ini juga dihadiri 2.000 ulama yang berasal dari provinsi yang mengirim atlet mereka," ujar Sekretaris Umum PB Persinas ASAD, Teddy Suratmadji.

Kejuaraan ini merupakan perhelatan rutin guna melahirkan atlet-atlet muda di internal perguruan Persinas ASAD. Selain itu juga bertujuan untuk merawat warisan silat sebagai budaya leluhur bangsa Indonesia.

"Di seluruh Indonesia terdapat seni bela diri pencak silat yang khas. Warisan budaya ini harus dilestarikan dari generasi ke generasi," ucapnya. [noe]

sumber: merdeka.com

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates